Perkebunan Masa Kolonial hingga Revolusi Sosial di Tanah Deli (1)

Kehidupan Sosial Kuli Kontrak

Aku tertarik dengan cerita-cerita perkebunan di Deli pada masa kolonial. Perhatianku yang paling besar adalah pada pergundikan di perkebunan, baik oleh pejabat-pejabat Eropa maupun kuli perkebunan itu sendiri, dan penderitaan para kuli perkebunan. Berikut aku akan menguraikan situasi setelah dibukanya perkebunan di Deli.

Pergundikan dan Pelacuran

Pada 1875 para buruh-buruh perempuan pribumi direkrut dalam skala besar. Selain untuk memenuhi kebutuhan kuli perkebunan. Mereka dipekerjakan untuk menggaru tanah, menyortir, memilah, menggantung, hingga mencari ulat tembakau. Mereka juga dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan seksual para pejabat-pejabat dan kuli perkebunan agar betah.

Koelie Ordinantie dan Gerakan Radikal

Diperkenalkanya Koelie Ordinantie (1880) adalah untuk mengatur para kuli yang jumlahnya ratusan ribu. Dalam ordonansi ini terdapat butir-butir hukuman yang dikenal dengan ponale sanctie (saksi pidana) antara lain sebagai berikut; Melanggar kontrak dikenakan denda, aatau penjara. Lari dari pekerjaan akan ditangkap kembali, dihukum rotan, atau dirantai. Malas bekerja dikenakan pidana karena dianggap pelanggaran UU. Menolak pekerjaan akan dibebankan kerja paksa selama setahun. Terakhir, jika ada perlawanan atau permusuhan maka yang bersangkutan akan didenda sebesar 100 gulden.


Meloncat ke periode setelah kolonial, keamanan negara yang merosot serta berbagai kekacauan sosial yang terjadi pada periode 1945-1965 adalah momen puncak bagi petani penggarap dan mantan kuli perkebunan untuk mengkosolidasi diri dan mulai muncul gerakan untuk mempertahankan lahan agar tidak diambil oleh pemilik sebelumnya yang sah.

--

--

19. Pramoedya Ananta Toer pernah berkata, menulis adalah bekerja untuk keabadian.

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store